Filsafat Jawa Tentang Alam – Ajaran Kejawen Tentang Alam

Home  >>  Ilmu Islam Kejawen  >>  Filsafat Jawa Tentang Alam – Ajaran Kejawen Tentang Alam

Filsafat Jawa Tentang Alam – Ajaran Kejawen Tentang Alam

On December 10, 2016, Posted by , in Ilmu Islam Kejawen, Kejawen, tags , , With Comments Off on Filsafat Jawa Tentang Alam – Ajaran Kejawen Tentang Alam

Filsafat Jawa meyakini bahwa alam ini terdiri dari tiga jenis, yakni alam fana atau dunia nyata, alam gaib, dan alam tunggu atau alam barzah.

Alam fana dihuni oleh manusia, binatang, tumbuhan, dan makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya. Adapun alam gaib dihuni oleh jin dan roh. Jin terdiri dari jin yang baik dan jin yang jahat yang kemudian disebut setan atau demit. Roh adalah arwah manusia yang telah meninggal dunia, yang semasa hidupnya sangat dekat dengan Tuhan sehingga dianugerahi ilmu dan ngilmu dari-Nya serta diberi kesempatan untuk terus bisa mengamalkan ilmunya sampai hari kiamat. Adapun alam tunggu atau alam barzah dihuni oleh arwah manusia yang sudah tenteram untuk menunggu datangnya hari kiamat.

Menurut ajaran kejawen, tugas-tugas makhluk di alam adalah sebagai berikut:

  • Manusia diberikan tugas untuk mencari bekal sebanyakbanyaknya agar bisa masuk ke surga setelah hari kiamat tiba.
  • Jin baik diberikan tugas untuk mencari bekal sebanyakbanyaknya agar bisa masuk ke surga setelah hari kiamat tiba.
  • Jin yang jahat yang disebut setan/demit diberikan tugas untuk mengganggu manusia agar tidak bisa masuk surga dan menemani mereka masuk ke neraka. Manusia untuk bisa mencapai surga tidaklah mudah, sebab setan/demit selalu dan pasti akan menghalangi dengan berbagai cara dan upaya.

Baca Juga: Dasar Falsafah Jawa tentang Kehidupan

Nah, ada juga ritual yang disebut-sebut menggunakan jasa Setan dan jin dalam pelaksanaannya. Seperti dibawah ini:

  1. Pesugihan – Dalam konsepsi umum, pesugihan adalah upaya meraih kekayaan dengan meminta bantuan jin dengan alat-alat tertentu, bahkan bisa jadi menggunakan cara yang tragis. Pesugihan sangat beragam nama dan pola kerjanya. Ada pesugihan tuyul, raksasa buto ijo, babi ngepet, dan siluman. Lebih Lengkap tentang pesugihan <<< Klik Disini.
  2. Santet – Guna-guna atau santet adalah sebuah ilmu untuk menyakiti orang lain dengan menggunakan media jin atau sejenisnya. Ada juga yang mendefinisikan santet dengan setiap perbuatan yang dilakukan oleh diri sendiri atau atas bantuan orang lain untuk mengganggu, mencelakai orang yang dianggap musuh, bahkan membunuhnya dengan cara tidak terang-terangan. Lebih Lengkap tentang Santet <<< Klik Disini.
  3. Jimat – adalah suatu benda atau kekuatan yang dipelihara oleh manusia untuk suatu maksud dan tujuan tertentu.Jimat tersebut dapat berupa berbagai macam bentuk, mulai dari kertas bertuliskan huruf tertentu, uang koin, akik, dan semacamnya. Lebih Lengkap tentang Jimat <<< Klik Disini.
  4. Pusaka – Pusaka hampir sama dengan jimat, perbedaannya adalah jimat melekat pada tubuh si pemilik, sedangkan pusaka disimpan di rumah atau di suatu tempat khusus yang tidak selalu dibawa pergi oleh pemiliknya. Lebih Lengkap tentang Pusaka <<< Klik Disini.

Demikian penjelasan saya tentang filsafat jawa mengenai alam yang kita lewati ini, semoga dengan info dari saya anda terbebas dari godaan Syetan yang menyesatkan. Wassalam.

share di sini Ya...
Comments are closed.
WhatsApp chat