Apa Itu Pusaka Dalam Budaya Kejawen

Home  >>  Benda Pusaka Bertuah  >>  Apa Itu Pusaka Dalam Budaya Kejawen

Apa Itu Pusaka Dalam Budaya Kejawen

On , Posted by , in Benda Pusaka Bertuah, Ilmu Islam Kejawen, Kejawen, tags , , With Comments Off on Apa Itu Pusaka Dalam Budaya Kejawen

Apa Itu Pusaka ?, pusaka adalah benda berkekuatan magis sangat tinggi, cara untuk mendapatkan pusaka ini biasanya melalui penarikan dari alam gaib atau melakukan pengisian khodam tertentu. Oleh karena itu kekuatanya tidak diragukan lagi. Penggunaan pusaka tidak hanya dilakukan oleh orang pada zaman dahulu saja. Banyak diantara kita masih menggunakan benda pusaka untuk meningkatkan pamor atau kedudukan. (guru ilmu hikmah)

Kebanyakan Benda pusaka yang ada di Indonesia adalah berupa Keris, Kujang, Tombak, Cemeti, patung, Tusuk Konde, Lempengan emas, Wesi Kuning dan masih banyak yang lainnya. Jika Anda menjaga baik pusaka – pusaka Anda, maka Anda juga akan mendapatkan kebaikan pula dalam dunia ini.

Apa Itu Pusaka ? Apakah Sama dengan Jimat?

Pusaka hampir sama dengan jimat, perbedaannya adalah jimat melekat pada tubuh si pemilik. Sedangkan pusaka disimpan di rumah atau di suatu tempat khusus yang tidak selalu dibawa pergi oleh pemiliknya. Pusaka ada yang berisi setan dan ada juga yang berisi roh/arwah manusia yang telah meninggal dunia yang sangat dekat dengan Allah. Sehingga ia dianugerahi ilmu dan bisa terus mengamalkan ilmunya hingga hari kiamat datang.

Untuk membedakan pusaka yang baik dan pusaka yang buruk juga sangatlah sulit, bahkan orang pintar pun banyak yang keliru membedakannya sehingga terjerumus karenanya.

Ciri-ciri utama apakah itu pusaka yang baik atau buruk biasanya terlihat pada saat pusaka itu tidak pernah dirawat atau bahkan terkesan dibuang oleh pemiliknya. Pada pusaka yang buruk pasti akan mengganggu pemiliknya berupa gangguan yang kasar sampai halus, baik berupa penyakit maupun yang lain.

Namun, tidak demikian yang terjadi jika pusaka tersebut adalah pusaka yang baik, walaupun tidak pernah dirawat, ia tidak akan pernah mengganggu pemiliknya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Jimat – Azimat atau Cekelan dalam Kejawen

Cara Merawat Pusaka

Untuk Perawatan pusaka tersebut sangatlah mudah. Setiap malam jumat berilah minyak misik pada tempat pusaka Anda, dengan begitu energinya akan semakin meningkat. Untuk Pencuciannya setiap malam suro lakukan pencucian menggunakan bunga setaman ( 7 Rupa).

Dan ingat, pusaka merupakan suatu benda magis. Namun jangan sampai Anda salah jalan dengan mengagung-agungkan pusaka tersebut.

Demikian penjelasan singkat saya tentang Apa Itu pusaka ? Semoga dapat memberikan Anda ilmu yang bermanfaat. Wassalam.

share di sini Ya...
Comments are closed.
WhatsApp chat